Tanaman Hias Pot – Forumborneo

Tanaman Hias Pot

Tanaman hias pot

Tanaman hias pot merupakan tanaman hias yang kita nikmati keindahannya secara keseluruhan tanaman dalam suatu wadah/pot.  Bagian tanaman yang indah yang bisa menjadi daya tarik adalah bunga, daun, bentuk tanaman secara keseluruhan. Tanaman yang kita nikmati keindahan bunga misalnya anggrek, krisan, mawar. Tanaman yang kita nikmati keindahan daunnya misalnya anthurium, aglaonema, suplir, begonia, jamio.Tanaman yang kita nikmati keindahan tanaman secara keseluruhan adalah bonsai, adenium, anggrek dan lain-lainnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam memproduksi tanaman hias dalam pot adalah: persyaratan tumbuh tanaman, kebutuhan media dan pemeliharaan tanaman.  Sebagian besar tanaman hias dalam pot menghendaki penyinaran kurang dari 100%, sehingga perlu adanya naungan atau ditempatkan dalam suatu greenhouse. Dalam modul ini akan dibahas beberapa tanaman yang potensial diantaranya anggrek, aglonema, anthurium, adenium,

1.  Anggrek

  1. Mengidentifikasi jenis dan persyaratan tumbuh

Jenis dan karakteristik anggrek

Anggrek dikenal sebagai ratunya tanaman hias, karena bentuk dan warnanya yang indah dan bermacam bentuknya.  Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae yaitu tumbuhan berbunga yang memiliki anggota atau jenis terbanyak. Bunga anggrek bentuknya khas sehingga sangat beda dengan yang lain. Bunga-bunga anggrek tersusun majemuk, sudah terlihat dari tangkai bunga yang memanjang, nampak dari ketiak daun. Bunganya simetri bilateral, memiliki labellum.Helaian kelopak bunga (sepal) umumnya berwarna sama dengan mahkota bunga (tepal). Anggrek juga memiliki manfaat,tapi khususnya dalam dunia dekorasi, dan sebagai tanaman hias. Anggrek biasanya digunakan sebagai lambang dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan sepanjang abad.

Gambar  1 Morfologi Bunga Anggrek

Sebagian besar tanaman angrek termasuk tanaman epifit. Apa yang dimaksud tanaman epifit? Tanaman epifit adalah tumbuhan yang tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Beda dengan parasit,  epipit tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya.

Pasar anggrek berkembang pesat.  Jenis-jenis anggrek yang menjadi favorit pasar diantaranya Dendrobium,  Phaleonopsis (anggrek bulan), Vanda, Catleya, Oncidium, Renanthera, Aranda, dan  Cymbidium. Anggrek- anggrek tersebut dijual dalam bentuk pot dan juga sebagai bunga potong. Anggrek yang digunakan sebagai bunga potong mempunyai kriteria: jumlah kuntum banyak dalam satu tangkainya, mempunyai  daya tahan yang lama, dan berpenampilan atau warna yang menarik. Dari genus yang ada, jenis-jenis dari genus Dendrobium dan vanda yang potensial dikembangkan sebagai bunga potong karena plasma nutfahnya banyak tersedia dan mudah didapat.  Konsumen terbesar anggrek potong adalah toko bunga, hotel, perkantoran, jasa boga dan florist.

 Ciri-ciri bunga anggrek.

  • Bunga anggrek dapat hidup disituasi cahaya matahari tertentu.
  • Bunga anggrek tidak mempunyai akar serabut yang ada di dalam.
  • Bunga anggrek memiliki jamur akar atau yang sering di sebut dengan Mikoriza yang terdapat di permukaan akar.
  • Bunga anggrek mempunyai batang yang berbentuk beruas-berus.
  • Bunga anggrek yang hidup di dalam tanah mempunyai batang yang pendek.
  • bunga anggrek memiliki daun berbentuk oval .
  • Bunga pada bunga anggrek memiliki bentuk simetri bilateral.
  • Bunga anggrek menghasilkan buah yang berbentuk seperti kapsul dan memiliki warna hijau.
  • Biji yang dihasilkan oleh bunga anggrek  ukurannyasangat kecil.
  • Akar pada bunga anggrek mempunyai organ organ yang memiliki daging atu sering di sebut dengan sukulen.

Dalam memproduksi anggrek baik anggrek dalam pot maupun anggrek potong, yang harus disiapkan adalah: penyiapan lahan (khususnya untuk bunga potong), penyiapan rumah plastik, penyiapan bibit, penyiapan media, penanaman, pemeliharaan tanaman (penyiraman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit) dan pemanenan serta penangnan pasca panen.

Coba amati jenis anggrek di bawah ini, jenis yang mana yang saudara kenal, dan sudah anda produksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *